Apa Tuhan Itu Adil ?

Tidak sedikit orang yang mengeluh tentang keadaannya. Ntah,,,, karena belum juga beroleh pasangan, ato hidup yang serba kekurangan, atopun belum juga dapet kerjaan dan masih banyak lagi…..

Awalnya qt menyalahkan diri sendiri dengan keadaan yang tidak sesuai harapan. Kemudian orang lain ikut kita salahkan. Akhirnya….. karena tidak ada lagi yg bisa qt salahkan, Tuhan pun ikut disalahkan.

Apa Tuhan adil ?

….ato….

Benarkah Tuhan tidak adil ?

*———————————————————————-*

Kenapa aku cacat sementara orang lain diberi kesempurnaan ?

Kenapa aku miskin sementara orang lain kaya ?

Kenapa aku gagal sementara orang lain meraih kesuksesan ?

Kenapa………..

Why…..?

5 Responses to “Apa Tuhan Itu Adil ?”

  1. samudera Says:

    Salam….
    Saya disini hanya sedikit mengulas ttg keadilan saja. Mudah2an yg lain, bisa menambahkan.

    Keadilan menurut Murtadha Muthahhari, ada empat hal:

    Pertama, seimbang. Kesimbangan yang dimaksud di sini adalah kita melihat segala sesuatu dalam neraca kebutuhan yang bersifat relatif.

    Kedua, defenisi keadilan di sini adalah persamaan dan menafikan pembedaan, yaitu memandang semuanya sama tanpa melakukan pembedaan.Pembedaan ini berbeda dengan perbedaan. Kalau pembedaan terjadi dari segi pemberi, dan perbedaan terjadi dari segi penerima.

    Ketiga, memelihara hak-hak individu dan memberikan hak kepada setiap orang yang berhak menerimanya.

    Keempat, memelihara hak atas berlanjutnya eksistensi, dan tidak mencegah kelanjutan eksistensi dan peralihan rahmat sewaktu terdapat banyak kemungkinan untuk eksis dan melakukan transformasi.

  2. imamchannel Says:

    Waks…..
    Bahasanya ketinggian oom…
    Bisa lebih sederhana ?
    Susah nyerna neeh….

  3. pemahaman akan arti ‘keadilan’ sangatlah relatif dan subyektif menurut pemikiran masing-masing individu manusia.akan tetapi sangatlah sudah tepat apa yang telah,yang saat ini dan yang kelak kemudian akan berlangsung di kehidupan ini,seperti apa yang telah ditetapkan ALLOH SWT.dunia berjalan dengan rantai yang saling menguatkan satu sama lain.bukan hanya di kala tercukupi saja,terdapatnya ketidakadilan dan kesewenangan juga merupakan pembelajaran yang berharga untuk manusia.bagaimana manusia dapat memperjuangkan kehidupannya dan berproses secara dinamis layaknya menjadi manusia(spesies dengan akal dan pikiran yang selalu berkembang).bahwa segala bentuk peperangan yang secara nyata terjadi di dunia ini adalah sebuah tindakan untuk mempertahankan kehidupannya,dari akibat rasa takut yang berlebihan pada individu lainnya yang diprasangkai akan merebut apa yang menjadi naungannya.semuanya bergerak terus-menerus takkan berhenti bagai lingkaran utuh yang tak terputus(sampai kiamat kelak tentunya..hehehe).perjuangan manusia untuk bertahan hidup dengan menjadi manusia itu sendiri serta untuk memanusiakan dirinya dan individu yang lain adalah keadilan ILLAHI.justru disinilah letak indahnya kehidupan,disaat kita bisa mencerna apa yang akan kita jadikan sebagai pegangan hidup kita masing-masing,apa yang menjadi keyakinan kita dalam kehidupan dunia dan dalam kematian kelak.berikut contoh yang bodoh:yaitu apakah apabila fulan yang memang berjenis kelamin pria akan tetap menjadi seorang ‘lanang’ atau malah menjadi ‘banci’,ketika yang benar-benar berwujud banci saja tetap ingin berdiri untuk memanusiakan hidupnya.sedangkan fulan mengaku lanang tapi menyakiti wanita.hehehe…jadi ngelantur….sip dah pokoknya..hidup ini indah,susah senang selalu bahagia.tetaplah tersenyum,karena senyum dapat menyemangatimu dan menyemangati mereka yang kau beri senyum:-)(tapi ada kalanya,terdapat belati yang tersembunyi dalam senyumnya seorang lelaki..hehehe..gaklah)-hidup ini indah bila kau selalu ada di disisiku hingga aku menghembuskan nafas yang terakhir dan kita kan bertemu-
    salam^_^

  4. Hidup itu perjuangan ….
    Orang mana ya yg gak ingin sukses !!!
    Itu sudah humanisme universal bagi manusia tuk mencari arah yg lebih baik , entah bagaimana caranya.
    Tapi 1 hal yg penting ,
    tolak ukur kesuksesan itu tergantung dari pandangan masing2 individu , Tuhan tetap adil kok !

  5. ebayy^_^ Says:

    Apakah tuhan itu adil? ya sangat adil (karena Allah maha Adil)
    dimanakah manusia sebenarnya bisa melihat?
    didunia atau diakhirat?
    kapan manusia bisa menilai yang sejujur-jujurnya
    Jika di dunia banyak tipu daya
    apakah seseorang yang belum selesai dan masih ujian bisa menuntut nilai yang seadil2nya kepada yang menilai? lah wong ujiannya aja belom selesai.

    telah kita ketahui bersama sesungguhnya Allah menguji
    dengan
    kelimpahan harta dan sedikit harta
    rasa sehat dan rasa sakit
    …………….. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: