Renungan Orang Tolol

Suatu hari ……

Duduklah seorang fakir di tepi jalan, kemudian datang seorang pria dari sebuah tempat ibadah, berpakaian bersih , tampak dia seorang yang ahli ibadah, pria tersebut memberikan sedekah kepada si fakir.

Bertanyalah si fakir kepada pria itu .
Fakir : ” tuan , bolekah saya menanyakan siapakah tuan ini ? ”
Pria : ” nama Saya si A ”
Fakir : ” tuan saya tidak menanyakan nama tuan, saya menanyakan siapakah tuan ini ? ”
Pria : ” saya seorang yang berprofesi sebagai B , putra dari bapak C ”
Fakir : ” tuan saya tidak menanyakan apa pekerjaan tuan atau putra siapa tuan ini saya menanyakan siapakah tuan ini ? ”
Pria : ” saya seorang hamba Tuhan ,yang berusaha taat dalam agama ”
Fakir : ” tuan…saya tidak menanyakan hamba siapakah tuan ini , dan status agama tuan,
saya hanya bertanya siapakah tuan ini…….?”

Si Pria itu kebingungan akan secuil pertanyaan itu, akhirnya dia pulang dengan hati yang diliputi keresahan.
Sebuah pertanyaan yang sederhana , namun rumit ,🙂

Banyak manusia melupakan identitas dirinya , karena disibukkan oleh bermacam kegiatan mungkin bagi saya dan mereka tidak menyadarinya, bangga akan perbuatan2 kebaikan yang kita lakukan , tapi kita lupa sama identitas diri kita dan misi hidup ini,

Semoga segala amal kebaikan yang kita lakukan tidak membutakan kita dalam hasrat yang menggebu2 untuk terus mencari kebaikan2 sehingga melupakan kita akan essensi dari misi hidup di dunia ini, dan memberikan kepada kita sebuah kejujuran yang berani untuk mempertanyakan kembali apa arti hidup kita ini

amiiiin

Leave a Reply

