Mazhab Cinta

Salam room,

….Muslim adalah mereka yang dengannya, orang lain terjaga harta, jiwa dan kehormatan nya..”…begitu pesan Rasul SAAW. Pesan ini begitu mendalam. Ada 3 ‘nya’ disitu, nya pertama adalah mereka-mereka yang di sebut Muslim, sedang nya kedua adalah mereka-mereka yang dijaga harta, jiwa dan kehormatan nya oleh nya pertama…

Tiga objek penjagaan ini adalah hal yang sangat berarti bagi manusia. Setiap orang memiliki harta..yang di dapat dengan cara kerja. Kerja apapun yang dilakukan, mulai dari yg paling bersih lingkungannya sampai yang paling kotor. Harta adalah salah satu esensi berharga dalam Islam, karena dengan nya, kita dapat membangun diri, keluarga dan masyarakat. Harta yang dimiliki itu tentunya sangat layak di jaga untuk menjamin kesinambungan kehidupan ini….

Jiwa..juga sesuatu yang berharga pada diri manusia. Karena jiwa2 yang terbangun, pasti akan mudah membangun negara, sedang jiwa-jiwa yang mati..pasti kan menghancur kan negara. Makanya Quran menyebutkan….” apabila kamu menghidupkan satu jiwa, ibarat kamu menghidupkan seluruh jiwa, apabila kamu mematikan satu jiwa, ibarat kamu mematikan seluruh jiwa..” [ saya lupa ayat nya berapa ].

Tuhan juga berbicara tentang kehormatan…Kehormatan disini lebih bermakna horizontal. Yaitu kehormatan seorang manusia thp manusia lain nya. Lawan dari kehormatan ialah pelecehan…kondisi dimana seorang manusia di beri status rendah di hadapan orang lain. Salah satu nya mungkin dengan menghina atau ghibah. Tuhan jelas-jelas melarang orang melakukan ghibah….’ apakah engkau rela memakan daging saudara mu sendiri ? “.

Nah….Mahzab Cinta bicara tentang ketiga nya…Selayak nya seorang yg bertauhid, dengan daya upaya nya sendiri harus bersikap sehingga orang-orang yg berinteraksi dgn kita terjaga harta, jiwa dan kehormatan nya..Hanya sayang….semakin maju nya ilmu pengetahuan, kenyataan semakin berbalik. Kini kita lihat, semakin banyak org yg tak terjaga harta, jiwa dan kehormatan nya di tangan kita sendiri…..Subhannallah wa ni’mal wakiil..

ahli-kubur

-mohon koreksi-

One Response to “Mazhab Cinta”

  1. sok-tau Says:

    cinta..segalanya menjadi indah
    karenanya tidak memerlukan alasan
    dengannya musnah segala kekhawatiran
    memilikinya hilang semua keraguan
    dan intinya adalah mengenai kesabaran dan keikhlasan
    ketika sudah ada cinta di hatimu
    nikmatilah itu
    hayatilah dan amalkan dalam kehidupanmu
    niscaya cahaya ILLAHI akan bersinar dalam keseharianmu
    karena pendiri dan perusaknya adalah masing-masing diantaramu sendiri
    salam ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: