Asbabun Nuzul [2]

Q.S Al-Hujuurat 6

Berita dari seorang fasik

﴿ يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا إِنْ جاءَكُمْ فاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصيبُوا قَوْماً بِجَهالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلى‏ ما فَعَلْتُمْ نادِمينَ﴾

6. Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa pengetahuan, lalu kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Awalnya Rasul SAAW mengirimkan seorang utusan ke Suku Bani Mustalak untuk meminta zakat sebagaimana yang beliau lakukan kepada kaum Muslim lain nya. Tapi orang yang di kirim ini tidak sampai ke tujuan, dan kembali ke Rasul dengan berita bahwa Bani Mustalak menolak untuk memberi zakat dan mereka akan membunuh si utusan tadi. Kaum Muslimin merasa gerah dengan berita ini dan bersiap untuk menyerang Bani Mustalak, karena mengira mereka telah mempersiapkan diri utk memberontak.

Berita kesiapan kaum Muslim terdengar kpd Bani Mustalak. Beberapa orang yang beriman dari mereka kemudian datang kepada Rasul dan berkata bahwa utusan tidak pernah datang kepada mereka. Akhirnya Rasul mengetahui masalahnya dan pertumpahan darah bisa di hindari.

DI cerita lainnya….Rasul yang tidak mempercayai utusan ini kemudian mengirimkan utusan lain nya. Lalu utusan itu akhirnya mengetahui cerita bahwa utusan pertama tidak pernah sampai ke Bani Mustalak. Ia akhirnya menceritakan kpd Rasul kisah sesungguhnya…Ayat ini turun sebagai panduan kepada kaum Muslim agar meneliti terlebih dahulu informasi yang sampai kepada mereka…apalagi jika informan nya di kategorikan orang-orang fasik.

a-k

sumber : Kotbah Jumat Ayatullah Sayid Hussain Fadhlullah, Masjid Al-Hasan, Beirut, Libanon

One Response to “Asbabun Nuzul [2]”

  1. Ebay^_^ Says:

    kae nya om a-k nyindir yang suka Copas dari paman google ke chann pas lg diskus nih… hihihihi (becanda deng)
    Peace ah…!

Leave a comment